Blogger Tuban – Peran Relawan TIK dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Digital Indonesia | Relawan TIK Indonesia mengadakan Rapat kerja Nasional tahun 2021 di The Pelangi Hotel & Resort Sentul – Bogor, Jawa Barat. Acara mengundang seluruh pengurus pusat Relawan TIK Indonesia untuk dapat bersama-sama mengikuti kegiatan selama 3 hari, dari hari Kamis s/d Sabtu 11-13 Maret 2021. Acara ini mengusung tema “Peran Relawan TIK dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Digital Indonesia”.

Dalam pelaksanaan kegiatan yang diketuai oleh Hani Purnawanti selaku Ketua panitia Rapat kerja Nasional (RAKERNAS) Relawan TIK 2021 ini, sekaligus sebagai pengukuhan pengurus pusat Relawan TIK Indonesia.

Tujuan dilaksanankan RAKERNAS Relawan TIK 2021 ini diantaranya terangkum dalam 2 hal utama yaitu, menentukan objektif kegiatan dan melantik Pengurus pusat untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan, seperti yang disampaikan oleh Fajar Eri Dianto selaku Ketua Umum Relawan TIK Indonesia periode 2020-2024.

“Pertama, Menentukan objektif dari kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2021 dan menentukan juga kunci sukses membuat objektif itu bisa dicapai. Kedua, Melantik pengurus pusat dan membuat mereka berjanji untuk bisa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan Relawan TIK sebagai koordinator dan pengarah kegiatan di teman-teman wilayah” terang Fajar Eri.

Dua Hal tersebut menjadi fokus Relawan TIK Indonesia untuk tahun 2021 ini. Selain menentukan kunci sukses, dalam RAKERNAS  juga menentukan indikator keberhasilan dari objektifitas kegiatan, sehingga diakhir masa pengukuran Relawan TIK Indonesia bisa mendapatkan gambaran kesuksesan dari program tersebut, dan dapat menjadi pertimbangan apakah program-program tersebut dapat dilanjutkan atau dirubah.

Saat ini dalam penetapan aturan-aturan diantaranya dibahas kegiatan-kegiatan di daerah yang harus dipusatkan, seperti tidak melakukan kegiatan tanpa sepengetahuan pengurus pusat sampai akhir 2021. Selain itu banyak resolusi-resolusi di daerah yang perlu dilakukan seperti  pendataan anggota, perapihan SK, dan penguatan kompetensi anggota.