7 Tips Agar Nyaman di Ruang Kerja

Ruang Kerja ataupun kantor adalah ruang kedua kita selain rumah, segala sesuatu yang ada didalamnya mempengaruhi mood kerja kita. Menurut kalian bagaimana tempat yang nyaman? Mungkin berbeda-beda dari masing-masing kalian. Mengapa kita perlu mendekorasi ruang kerja kita? Karena suasana ruangan yang kita dekorasi dapat membangkitkan mood kerja, dan nyaman sehingga hasil yang kita hasilkan produktif. Banyak perusahaan dan instansi-instansi tertentu yang mengambil konsep ruangan warna-warni sehingga yang membuat anak buah betah dan nyaman. Jika anda ingin membuat kenyamanan di ruang kerja anda, simak hal-hal yang perlu diperhatikan kawan blogger tuban.

1.Atur Posisi Layar PC/Laptop Anda Setinggi Mata

Mengapa? Salah satu hal yang seringkali membuat leher sakit adalah posisi komputer yang lebih rendah dari posisi mata ketika Anda duduk. Akibatnya, sepanjang hari Anda terus-menerus melihat komputer dengan menunduk.

Letak posisi layar PC/laptop menurut Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer, yaitu posisi mata harus sejajar dengan layar. Jika posisi meja lebih rendah coba anda menggunakan Keyboard Bluetooth sehingga posisi mata dan tangan bisa nyaman dan rilek.

2.Pasang Papan Kecil di Samping Meja

Fungsi papan kecil ini sebetulnya untuk menempelkan catatan kecil untuk kita, anda bisa memasang hiasan papan dengan paku magnet agar lebih praktis. Anda bisa menempelkan stiky notes maupun kalender papan tersebut. Jika anda ingin kalender berdiri sendiri gunakan kalender meja.

Ilustrasi Hiasan Ruang Kerja (Sumber : lestnic.com)
Ilustrasi Hiasan Ruang Kerja (Sumber : lestnic.com)

3.Tambahkan Hiasan

Ketika mood kita mulai hilang saat diruang kerja mungkin perlu penyegaran, nah hiasan ini perlu sekali, mungkin antara cewek dan cowok sangat berbeda hiasannya. Ada yang suka meletakan vas Bungan, Boneka Mini, Mobil-mobilan, Jam Digital, hingga aquarium kecil atau aquascape. Selain pernak-pernik tersebut juga bisa menampilkan album kecil foto keluarga atau foto masa kecil anda.

4.Rapikan Segala Sesuatu

Tempat atau ruang kerja yang berantakan membuat pikiran kita sumpek, dan merusak mood. Seperti halnya, pensil, pulpen, penghapus ataupun alat tulis yang berserkan dimeja. Nah kalian juga harus memperhatikan itu, sehingga kita bisa memasang keranjang kecil atau bisa menggunakan laci kecil yang ada ditoko plastik untuk menyimpan hal-hal yang menurut anda sepele. Jika di tempat kerja anda perlu aliran listrik rapikanlah kabel-kabelnya dengan menempelkan dengan perekat/paku/selang kabel sehingga lebih terpusat dan tidak terlihat bergelantungan.

5.Tempat Duduk Nyaman

Tempat duduk yang nyaman juga sangat menentukan, pilih kursi yang tidak sakit di bokong kita. Cobalah menambahkan bantal kursi di bangku Anda, sehingga Anda lebih nyaman dan dapat bersender lebih mudah. Anda juga bisa menambahkan selimut bulu pada permukaan kursi sehingga bagian bokong tidak terlalu pegal akibat dudukan yang keras.

6.Pasang Wallpaper

Menambahkan hiasan dinding, atau pewarnaan dinding yang sesuai untuk menambah gairah dalam bekerja. Kalian tidak perlu pusing mengecat, bagi yang suka ganti-ganti bisa menggunakan wallpaper sebagai penghias dekorasi dindingnya.

7.Perbaiki Pencahayaan

Hal sepele ini juga diperhatikan yang berkaitan dengan mata kita, yaitu pencahayan lampu diruang kerja, kadang ada yang lebih suka focus di meja kerja dengan sekeliling suram. Mungkin ada yang menghadap jendela sehingga bisa mampu melihat pemandangan dan cahaya alami tanpa perlu cahaya lampu disiang hari. Pastika intensitas cahaya tidak terlalu redup.

Bagi kalian yang hobi banget dan memiliki ruang kerja sendiri, tips ini tidak patut jika dilewatkan begitu saja. Pastikan ruang kerja anda nyaman.

 

Comments

comments

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer

4 tanggapan untuk “7 Tips Agar Nyaman di Ruang Kerja

    1. mungkin ruang santai mas lao di outdoor, atau dengan konsep outdoor tapi dalam rumah. sekarang kan banyak outdoor dengan kondisi dalam kesatuan rumah menggunakan atap fiber glass cuaca masih masuk. dengan tanaman taman.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *