Kalian pasti akan bertanya tentang, Apa sih Guru Merdeka Belajar itu? dibenak kalian juga bertanya-tanya, Kenapa harus merdeka belajar? nah pada kesempatan yang istimewa ini, Komunitas Guru Belajar  (KGB) Tuban mengadakan Nobar sesi perdana untuk menciptakan edukasi atau gairah semangat para Guru dengan tujuan agar tidak terjadi lagi miskonsepsi tentang Guru Merdeka Belajar, dengan ini KGB mengadakan pertemuan yang berada di MI Hidayatun Najah, Jalan Sunan Kalijaga Gg.Kresna No.17B pada hari Sabtu, 4 Januari 2020.

Pertemuan yang dihadiri sekitar 30 guru yang hadir di acara perdana yang menjadi cikal bakal guru yang milenial. Kegiatan ini muncul karena banyak bersliweran di medsos kalau yang dimaksud merdeka belajar itu berarti sekehendaknya guru. Padahal bukan begitu maksudnya. Tepat pukul 13.15 WIB Sambutan dari Tuan Rumah : Bu Umi dilanjutkan Sambutan dari Penggerak Tim Tuban Bu Eva, Bu Nafa, Bu Lilik. Hal ini membuat mereka ingin menyampaikan dan memberikan konsep yang benar sebagai bagaimana berikut ada 3 poin penting :

1. Komitmen pada tujuan
2. mandiri
3. Refleksi

KGB diinisiasi oleh Bu Najelaa Shihab, yang sampai saat ini sudah terbentuk di hampir semua wilayah Indonesia. pada. Setelah Nonton Bareng (Nobar) peserta KGB saling bertukar pengalaman TPN maupun TPR. Dari hasil kegiatan ini muncul melahirkan Kepengurusan KGB Tuban dengan ketua Bu Eva Septiana dari SDN Grabagan Tuban. Awal pendirian digawangi oleh 3 guru yaitu : Nafakhatin Nur ( MI Manba’ul Ma’arif Kingking), Eva Septiana (SDN Grabagan), Lilik Istianah (TK Insan Kamil)


Naskah : Bu Nafakhatin Nur

Editor/Publish : Andhika