Artikel SEO dan biasa tentu saja berbeda. Namun, tak jarang orang yang masih belum paham. Di postingan ini, saya akan berusaha menjabarkan sedikit tentang perbedaan artikel SEO dan artikel biasa. Anda hanya perlu waktu kurang lebih tujuh menit untuk membaca, kemudian memahaminya supaya Anda punya gambaran jelas tentang perbedaan dari keduanya.

SEO

SEO adalah singkatan dari (search engine optimization). Jika diindonesiakan menjadi “pengoptimalan mesin pencari.”

Kebanyakan orang-orang menerapkan SEO untuk meningkatkan visibilitas websitenya. Memiliki banyak trafik gratis dari mesin pencari Google.

Sekali klik/ pencet, bisnis Anda akan muncul di bagian atas halaman Google. Kemudian mereka (yang mencari sesuatu) akan mengklik website Anda.

Bukankah ini yang diidam-idamkan semua pemilik website?

Bisa mendapatkan banyak trafik gratis dari mesin pencari merupakan suatu hal yang menyenangkan sekaligus membanggakan.

Konsep dasar SEO cukup mudah.

Semakin banyak konten atau artikel Anda di halaman 1 Google => lebih banyak visibilitas untuk bisnis Anda => lebih banyak trafik ke website Anda => Anda akan kebanjiran pelanggan jika memang website Anda difokuskan ke penjualan.

Teknik SEO memang terkesan rumit. Namun, akan sangat menguntungkan bagi seseorang yang memiliki usaha online. Selain gratis, jangka waktu dari artikel SEO cukup panjang.

Itu sebabnya banyak para pelaku online membuka jasa SEO dengan tujuan membantu para bisnisman yang ingin meraih keuntungan lewat mesin pencari Google.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Inti dari SEO adalah konten.

Untuk bisa menjadi jawara SEO, Anda harus bisa membuat konten yang berharga dan bermanfaat. Konten yang dibutuhkan banyak orang yang nantinya akan dimasukan di database pencarian Google.

Konsep dasar pencarian Google adalah memberikan jawaban terbaik untuk setiap permintaan pencarian.

Logikanya begini..

Semakin bagus konten yang dibuat, pengunjung yang membaca pasti akan berlama-lama.

Kelamaan pengunjung membaca artikel inilah yang nantinya menjadi poin plus untuk artikel Anda. Google merekam setiap perilaku pembaca terhadap website yang dikunjungi.

Tidak percaya?

Yaudah.

Bedanya Artikel SEO dan Artikel Biasa

Ingat. Tidak semua artikel itu harus diseokan. Ada artikel yang perlu dioptimasi, dan ada yang tidak.

1. Artikel biasa

Artikel biasa tidak perlu dioptimasi. Artikel seperti ini biasanya berupa cerita probadi atau curhat, cerpen, dan memang tidak ditargetkan dibaca banyak orang.

Artikel biasa lebih condong terserah si penulis. Mulai dari gaya bahasanya, kalimatnya, dan seterusnya.

Pada dasarnya, artikel biasa itu intinya bisa dibaca dengan mudah.

2. Artikel SEO

Artikel SEO merupakan artikel yang sengaja dioptimasi. Baik di dalam kontennya, maupun luarnya.

Artikel SEO biasanya lebih cenderung digunakan untuk bersaing dengan volume pencarian yang besar. Selain itu, penggunaan bahasanya juga wajib disesuaikan.

Artikel seperti ini memang banyak sekali dicari oleh orang karena memang benar-benar banyak yang membutuhkannya.

Artikel SEO akan dibuat dengan membidik kata kunci tertentu yang kemudian akan disebar dalam satu artikel yang dibuat.

Kesimpulannya

Artikel biasa adalah artikel yang biasa-biasa saja. Atau hanya artikel curhat yang sama sekali tidak ditargetkan untuk dibaca banyak orang. Sedangkan artikel SEO memang ditujukan untuk dibaca semua kalangan dengan menarget kata kunci tertentu.