Blogger Tuban Hadiri Bimtek Tuban Smart City

Tuban – Dalam rangka acara Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap Satu oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), di Ruang Rapat Sekda, Rabu (04/07) Wabup menjelaskan, jika inti dari Smart City adalah kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat, dengan cara  mempermudah pelayanan, melalui aksebilitas tinggi.

Dalam kesempatan ini Komunitas Blogger Tuban turut hadir dalam anggota praktisi yang siap mendukung penuh kegiatan yang menjadikan tuban yang lebih baik, dalam acara bimtek ini para peserta diajak menganalisa dampak penerapan smart city dengan metode SWOT. Acara yang berlangsung selama 2 hari (04-05 Juli) ini, bertempat di ruang rapat lantai 3 Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tuban. Hadir dalam acara tersebut, di antaranya 91 anggota dewan Smart City dan tim pelaksana Smart City, serta 2 perwakilan dari Kementerian Kominfo, yaitu  Herry Abdul Aziz Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Kominfo dan Deden Imadudin Bagian Hukum Kementerian Kominfo.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tuban, Ir. Hery Prasetyo S. MM dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk menyamakan persepsi dan tujuan bersama terhadap program-program di Kabupten Tuban untuk menuju Smart City. “Serta melaksanakan penyusunan Masterplan Smart City di Kabupaten Tuban,” ucap mantan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tuban ini.

Sehingga dengan adanya program ini semua kegiatan sudah terintegrasi secara digital informasi dan transparan, Wakil Bupati (Wabup) Tuban Ir. Noor Nahar Hussein mengatakan, jika Kabupaten Tuban sudah benar-benar menjadi Smart City, para awak media tak perlu datang ke lokasi untuk mengakses semua informasi terkait kegiatan Pemkab Tuban. Sebab, mereka bisa mengakses dari kantornya masing-masing. Wabup berharap agar nantinya sistem informasi teknologi di Kabupaten Tuban dapat terbuka, dan saling terintegrasikan. “Serta menjadi satu sistem pelayanan publik yang optimal,” tutup Wabup.

Herry juga menyampaikan target dari Bimtek ini adalah untuk Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan. Sehingga, jelas Herry, ada program yang harus dibuat oleh tim pelaksana serta atas masukan dewan Smart City. Nantikan kegiatan lanjutan hingga bulan Nopember. “pertemuan nantinya hanya berlangsung sebanyak 4 kali dalam jangka waktu sampai November, Ia  berharap agar nantinya ada kelanjutan diskusi melalui dunia maya. “Sehingga pada saat pertemuan seperti ini, sudah lebih matang dan tidak dari nol lagi” harapnya.

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *