Cara Blogger Mengenal dan Memperkenalkan Tuban

Cara Blogger Mengenal dan Memperkenalkan Tuban

Oleh : Joyo Juwoto*

 

Jika Soe Hok Gie pernah mengatakan: “Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat…” maka untuk mencintai Tuban tentu kurang lebih caranya pun sama, yaitu dengan cara mengenal Tuban bersama rakyatnya dari dekat.

Awal dari mencintai adalah mengenal lebih dekat, dan semakin dekat. Tak kenal maka tak cinta, tak cinta maka tak sayang, tak sayang maka abai dan tidak memiliki perhatian terhadap suatu objek. Maka mengenal lebih dekat tentang masyarakat Tuban adalah salah satu cara untuk mencintai Tuban.

Blogger Tuban adalah sebuah komunitas para blogger yang berusaha mengenal dan memperkenalkan potensi daerahnya melalui kegiatan blogging di dunia maya. Para blogger menulis apa saja yang berhubungan dengan Tuban, mulai dari potensi wisatanya, potensi kulinernya, foklore,  adat-istiadatnya, hingga keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten yang memiliki julukan sebagai Bumi Ronggolawe, Bumi Wali dan julukan-julukan lainnya yang mafhum dan dikenal oleh masyarakat.

Selain memperkenalkan keanekaragaman tentang Tuban, tentu para blogger juga mempunyai andil dan tanggung jawab memberikan informasi serta berita-berita yang akurat, berimbang, menyajikan konten-konten yang mengedukasi masyarakat, dan tentu saja ikut serta mengcaunter hoax-hoax yang meresahkan masyarakat.

Dunia literasi juga menjadi bagian dari pengabdian para blogger, karena mau tidak mau blogger selalu bersentuhan secara langsung dengan literasi, baik literasi yang berhubungan dengan dunia tulis menulis maupun literasi dalam hal yang lebih luas dan komplek.

Dunia cyber memang menjadi lahan utama perjuangan blogger untuk mengabdikan kemampuan dan dedikasinya demi masyarakat, namun di dunia nyata para blogger juga memiliki tanggung jawab yang sama dengan warga masyarakat lainnya. Karena blogger juga manusia dan menjadi bagian dari masyarakat luas tentunya.

Harapan ke depan semoga blogger Tuban semakin baik dan maju, mampu bersinergi secara dinamis dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Tuban yang sejahtera, merata, dan berkeadilan. Salam blogger.

 

*Joyo Juwoto, Anggota Blogger Tuban yang juga aktivis literasi di Bumi Wali. Buku yang telah ditulisnya : Jejak Sang Rasul (2016); Secercah Cahaya Hikmah (2016), Dalang Kentrung Terakhir (2017), Cerita Dari Desa (dalam proses), dan menulis beberapa buku bunga rampai. Penulis dapat dihubungi di 085258611993”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *