Goa Akbar, Wisata Goa Bersejarah Kabupaten Tuban

Blogger Tuban – Wisata Goa Akbar, berada pada tempat yang strategis dan mudah diakses. Lokasi wisata ini berada dibelakang sekaligus berada dibawah pasar baru Tuban. Bisa seperti itu karena pintu masuk goa ini memang berada dibelakang pasar baru, namun lorong-lorong goa sepanjang 1,2 kilometer berada berkelok-kelok dibawah pasar baru.

Goa akbar menawarkan wisata alam yang dibalut wisata sejarah. Goa Akbar yang diperkirakan berusia 20 juta tahun dan merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Tuban, dahulu kala diceritakan Sunan Bonang mengetahui keberadaan Goa Akbar atas ajakan Sunan Kalijaga (saat itu terkenal sebagai Brandal Lokajaya).

Goa Akbar oleh Sunan Kalijaga dijadikan sebagai tempat tinggal setelah kasus Brandal Lokajaya, perampok dihutan perbatasan Tuban-Jawa Tengah yang mengaku-ngaku sebagai dirinya, sehingga membuat Sunan Kalijaga diusir oleh Wilotikto, Bupati Tuban ke-9 sekaligus ayahandanya.

Sunan Bonang terpesona dan langsung berucap “Allahu Akbar” pada saat memasuki goa dan melihat keindahan pemandangan Goa Akbar. Sejak kejadian itu, goa tempat tinggal Sunan Kalijaga lantas dinamakan Goa Akbar.

Ada versi lain yang berkembang dimasyarakat, didaerah sekitar goa banyak dijumpai pohon Abar. Masyarakat setempat sering menyebutnya Ngabar. “Ngabar” berarti latihan (dalam bahasa jawa).

Menurut cerita, Goa Akbar pernah menjadi tempat latihan ilmu kanuragan prajurit Ronggolawe yang berencana mengadakan pemberontakan ke Kerajaan Majapahit sebagai bentuk ketidakpuasan Ronggolawe atas pelantikan Nambi sebagai Maha Patih Majapahit.

Kini, wisata alam Goa Akbar sudah dikelola oleh Pemkab Tuban, didalam tempat wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit goa. Selain keindahan stalagmit dan stalagtit, didalam goa pengunjung akan disuguhi sumber mata air alam yang mengalir dengan deras didalam perut bumi. Pengunjung juga bisa melaksanakan ibadah sholat didalam musholla yang ada didalam goa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *