Kelas #1 : Optimalisasi Instagram Untuk Blogger

Sekolah Blogger Tuban (SBT) – Hai sobat blogger yang tercinta, kini Komunitas Blogger Tuban menghadirkan kembali KulWa (Kuliah Whatsapp) dengan mengambil tema yang menjadi trend masa kini, Yaitu :

  • Judul : Optimalisasi Instagram untuk Blogger
  • Pukul : 19.15 WIB (Habis Isya’)
  • Tempat : WAG Sekolah Blogger Tuban (https://s.id/sekolahbloggertuban)

disini kita ingin mengajak kalian semua untuk memaksimalkan dan memanajemen konten dan follower yang kita punya agar lebih diminati konsumen (Followers) baik se-niche maupun yang bukan. Narasumbernya kali ini Mas Ito (Kang Jasmito, Owner Sayuran Online di Orgomedia.com), Beliau asal desa penambangan. Kec. Semanding. Dalam paparannya menjelaskan optimasi instagram dengan salah tools optimasi secara organik, karena sesuai hasil survei perkembangan Algoritma Instagram Tahun 2018

  • (Baca disini : https://www.google.com/amp/s/idcloudhost.com/algoritma-instagram-2018-terbaru-dan-terupdate/amp/)

Disini penyaji materi menjelaskan bagaimana kita menggunkan tool optimasi sebagai pemilih waktu yang tepat dalam mem-post konten IG, Stori dan lainnya. Timing Marketplace yang kita cari harus pas, dan Target Users juga sesuai. Nah makanya Malam ini (28/04/2019) kawan-kawan SBT, Jawabnya karena lebih banyak pengguna ig di banding blog. Jadi kalau mau membranding apa aja. Termasuk branding diri sendiri atau branding blog bisa menggunakan ig. Kurang lebih alasannya gitu. Kalau kita lihat banyak akun dg follower yg ribuan ya. Terutama akun artis. Naahh kita mau belajar NGARTIS. follower kita biar kayak mereka. Gak cuma artis ibukota seperti Akun IG @fakhrudin saja yg bisa viral. Kita juga perlu memviralkan apa yg akan kita branding. Termasuk branding diri kita. Untuk dapat follower banyak ada 3 cara yang saya tahu :

  1. Beli follower. Cuma yg ini tidak saya sarankan. Karena tidak nambah interaksi. Sehingga tidak membranding apa yg mo kita jual. Termasuk “jual diri” kita.
  2. Pakai cara organik. Kalau blogger ilmunya blogwalking. Mlaku-mlaku ke blog orang lain terus meninggalkan jejak. Nah ini di ig sama aja. Jalan2 ke akun lain terus follow, like dan komen yg relevan dg postingannya. Lakukan berulang kali. Jejak yg kita tinggalkan akan bikin si pemilik akun penasaran. Dan buka balik akun kita. Lalu kemungkinannya ada interaksi berupa follow juga. Tapi sekuat apa kita melakukan yg organik gini. Apalagi buat branding usaha. Kelamaan kalau kita jualan makanan! Lalu pakai apa kang? Apa pakai jasa admin? Admin manusia berapa bayarnya perbulan? Misal 500 rb. Lumayan tuhh buat kulakan (kalau saya). Pakai cara ketiga.
  3. Pakai aplikasi berbayar. Yang saya tahu ada 3 aplikasi untuk mengoptimalkan kerja ig. GRAMCASTER, GRAMSHOOT, dan ISSIGRAM. fiturnya hampir sama ketiganya.

Mungkin saya coba ulas yang ISSIGRAM, tool ini tugasnya bisa memfollow, like, DM, post secara otomatis. Bahkan bisa arisan Like for like (LFL) dan One Like One Comment (OLOC). Arisan ini mirip blogger kok. Dari hasil notulen penanya saat memberikan respon di SBT :

Kang Rudi (kangrudi.com) Pertama soal ini, jadi harus cari target secara manual ya? Ndak ada fitur auto search yg potensial jd pelanggan kita?

Iya cari manual di search ig yg sekiranya ada akun dimana followernya sesuai target kita. Usahakan cari yg followernya ribuan bahkan puluhan ribu.. Itu bisa di isi maksimal 7 akun target. Akun target itu nanti bukan yg kita follow, like, atauDm. Tapi follower atau liker dri akun target itu

Andhika (perahulayarkertas.com) Untuk aplikasi ini, apakah bisa dipakai lebih dari satu akun IG?

bisa mas. Maksimal 15 akun mas. Ini saya juga mo merubah jadi 3 akun. Akun bisnis saya, terus istri juga mo nyoba bikin kuliner, dan akun pribadi saya

Anis Khoir (aniskhoir.com) yang dapat endorsment di ig biasanya ada syarat, follower harus organik. Aplikasi ini aman nggak ya? Nanti ketahuan followernya boots kita bisa di blacklist sama agency

ini organik semua mbak. Tidak ada yg fake. Cuma prosesnya dilakukan aplikasi dalam mencari follower yg organik itu. Sdah saya cek juga yg follow atau like itu akun asli, bukan boots

Junaidi (cakjun.web.id) Iya nih saya sering menemukan akun akun yang menjual beli kan folower di ig. Berkaitan dengan ini. Kenapa kok tidak bisa berinteraksi? Padahal kita sudah membeli folower atau folower kita nambah banyak.?

Tidak ada interaksin karena mereka bisa saja akun palsu/fake. Atau bisa juga akun asli. Tapi mereka dalam memutuskan utk follow kita tanpa mereka sadari. Karena permainan org thd algoritma ig sehingga mereka tanpa sadar sudah memfollow kita.

Rofiq (masrofiq.com) Selain dengan 3 cara td atau yg terakhir dengan bantuan aplikasi. Terus bagaimana dengan cara kita meminta endorsment teman untuk diposting di IGnya dengan tag dan tagar pula? serta Bagaimana cara kerja tag dan tagar serta optimalisasinya, apakah bisa berpengaruh?

mungkin terkait hastag ada bahasannya di link perubahan algoritma ig tadi. Hastag skrg tidak terlalu berpengaruh ke ig. Karena dulu banyak spamming soal hastag. kalau masalah endorse si bisa aja kang. Cuman kalau menurut saya kurang cepet. Soalnya saya juga sering di endorse setelah konsumen beli sayur ke saya. Paling nambah folower cma 2-3 aja. Dan kayaknya berat kalau harus minta endorse tiap hari. Sebenernya ada lagi. Pakai ig ads mas cuma lebih mahal kan ya. Sehari paling murah 10k. Targetnya tidak spesifik seperti pakai issi. Kalau pakai issi kan kita narget followernya akun pesaing bisnis

Terimakasih atas kesempatannya. Semoga bermanfaat. Jangan sampai kita tertinggal. Industri 4.0 harus melalui perubahan yg cepat. Sebenernya masih banyak tentang optimasi ig. Ada pengaturan konten biar tampak manis, pembuatan highlight, dll. Cara respon calon buyer sampai closing. Waktu yg bagus (prime time) utk post, dll.

Moderator Kelas Sesi #1 SBT : Nafakhatin Nur (https://nafakhatinnur.blogspot.com/)

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

2 tanggapan untuk “Kelas #1 : Optimalisasi Instagram Untuk Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *