Masih Natural, Wisata Pemandian Silowo Mandirejo

Lagi dan lagi netizen Tuban Bumi Wali dihebohkan dengan tempat wisata baru yang memikat mata pengunungnya. Wisata yang hampir serupa Wisata Pelang. Sebut saja Pemandian Silowo Wisata Air Alami Yang Masih Perawan. Gimana tidak perawan lha wong belum terlalu banyak kena sentuhan namun sangat istimewa suguhan dan keindahan alam yang ada disana.

Tempat yang cantik dan sejuk ini berada di Kecamatan Merakurak. Tepatnya di Dusun Santren Desa Mandirejo. Untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah, jika anda dari tuban kota bisa lewat perempatan timur BRI merakurak masuk keselatan sekitar 100 meter belok kanan. Apabila anda dari arah kecamatan kerek atau montong, pas pertigaan atau tugu merakurak yang selatan masuk ketimur sekitar 50 meter belok kanan. Sesampainya dilokasi kalian jangan bingung tempat parkir, disana tersedia parkir yang sangat luas, bersih nyaman dan aman dengan biaya parkir sepantasnya dan seikhlasnya. Demikian juga tiket atau karcis masuk ke pemandian silowo sangatlah terjangkau. Betapa tidak, untuk masuk hanya melewati kotak yang bertuliskan “silahkan masukkan seikhlasnya” tentu murah bukan.
Ketika dulur sampai dilokasi dijamin sangat terpukau dengan wisata air yang masih perawan dan mungil ini. Nuansa pohon sagu yang rindang, lebat dan hijau menyambut pintu masuknya. Disana juga disediakan pelampung atau ban bekas yang cukup oke lah untuk berenang bagi yang gak bisa renang tentunya, bayarnya pun murah meriah. Sekitar 3000 (tiga ribu) rupiah. Selain pelampung, yang asyik lagi disediakan perahu yang terbuat dari drum bekas dan dipasangi mesin sepeda motor bekas pula, hehe. Dengan tarif dewasa 5000, anak-anak 3000 rupiah anda sudah bisa menyusuri indahnya pemandian atau sungai silowo yang panjangnya kurang lebih 1 km. Dengan panorama pohon sagu yang menjulang tinggi yang ditumbuhi rumput yang bergelantungan bak bukit nan hijau. Juga ikan-ikan yang saling berlarian menyambut deru air dari peru drum tadi.
Bagi pengunjung yang suka kuliner, disana juga ada warung-warung yang menyediakan makanan kecil. Dengan khasnya bubur sagu nan legit dan gurih. Juga ada gubuk atau sekedar tempat beristirahat setelah capek renang. Buat piknik keluarga kayaknya cocok juga nih.

Pada dasarnya pemandian ini sudah ada sejak lama, namun akhir-akhir ini menjadi viral berkat kerja keras dari mas Imam Rosjadi, salah satu pemuda disekitar tempat tersebut yang sangat peduli dengan lingkungan. Salah satunya ya pemandian silowo ini. Serta dibantu oleh rekan-rekannya sehinga ramailah kemudian. Air nan jernin yang bersumber asli dari tempat tersebut. Dijamin balik lagi deh pokoknya kalo sobat sudah berkunjujg kesini. Dengan harapan semakin ramai agar bisa dikelola secara maksimal dan profesional.

Semoga para pengelola senantiasa sabar. Kan sukarela, siapa tau kedepannya semakin maju sehingga menjadi penghasilan bagi mereka dan berimbag ke orang-orang sekitar. Amin

Penulis / Blogger :

Kak Towo (www.kaktowo.com)
Seorang Pengajar di MA Salafiyah Merakurak.
Editor :
Andhika Nur Afian (andhikanurafian.web.id)

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

Satu tanggapan untuk “Masih Natural, Wisata Pemandian Silowo Mandirejo

  1. Maturnuwun kak Andhika Nur Afian, yg sdh sudi reuploud dan sebagai editor tulisan sederhana ini, semoga bloggertuban.or.id selalu memberi informasi, solusi dan jadi yg terdepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *