Mengenal Budaya Sedekah Laut Bagi Nelayan

Potret Kegiatan Sedekah Laut di Desa Bulumeduro, Bancar, Tuban
Potret Kegiatan Sedekah Laut di Desa Bulumeduro, Bancar, Tuban

Kehidupan di sekitar pantai khususnya pantai utara memiliki keunikan yang beragam, mulai dari pola konsumsi kebutuhan hingga adat istiadat yang masih melekat dari leluhurnya. Salah satu keunikan yaitu saat memberikan rasa syukur terhadap pemberian rezeki dari yang maha kuasa, mungkin tidak jauh dengan adat orang yang didaerah yang ber-mata pencaharian pertanian. Adat Istiadat yang menjadi corak khas masyarakat pesisir yaitu Sedekah Laut.

Apa yang disebut Sedekah Laut? Sedekah Laut bisa dikatakan panjat doa untuk rasa syukur dan perlindungan dari yang maha kuasa dengan tradisi turun menurun. Kegiatan masyarakat yang ada pesisir utara jawa ini menjadi hal yang tidak asing bagi kalayak umum, baik kegiatan larung, dan diikuti orkes (yang seperti biasanya New Palapa, Monata, Adella, dan lainnya), ketropak, hingga pasar malam.

Salah Satu Hiburan Orkes Dalam Pesta Sedekah Laut

Tradisi kebudayaan ini menjadi ciri solidaritas kerukunan nelayan yang menjadi hangat, guyub rukun. Selain itu dengan tradisi ini dapat memberikan obyek wisata bagi wisatawan dari luar kota untuk mengetahui tentang kegiatan tradisi nelayan. Kegiatan ini tidak tentu waktunya, ada yang bersamaan agustusan, ada pula yang mengikuti bulan-bulan hijriyah sesuai adat dari daerah yang melaksanakan Pesta Sedekah Laut. Bagi kalian yang ingin melihat secara langsung bisa berkunjung ke daerah pesisir pantai utara jawa.

Andhika, Tinggal di perahulayarkertas.web.id

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *