Meningkatkan Perekonomian Montong Melalui Inovasi Literasi Digital

Montong, Tuban – Balai desa Montongsekar, 14 Oktober 2018 ramai didatangi para pemuda-pemuda yang memiliki inovasi dan ide kreatif. Dengan diadakannya acara Ngopi Bareng PMB dan Widyamuda mengangkat tema “Desaku Cerdas Dengan Literasi”. Mengapa demikian? karena mereka (Pemuda-Pemudi, red) berkomitmen mengentaskan kemiskinan melalui literasi. Dengan menguatkan literasi melalui buku dan melek tekonologi, diharapkan masyarakat di 13 desa semakin cerdas. Secara tidak langsung literasi mampu meningkatkan roda perekonomian melalui publikasi maupun ulasan seputar daerah setempat.

Untuk memberikan motivasi dan pengalaman, kegiatan ini mendatangkan narasumber Bapak Camat Monotng Suwoto, SE, MM dan Bapak Sunarsip selaku Ekonom Nasional, dan Bapak Hadi Purwanto yang merupakan Ketua J-Club (Jaringan Usahawan Kreatif Tuban). Acara yang dimulai sekitar pukul 14:00 dan selesai pukul 17:00 Wib ini melibatkan sekira 50 peserta undangan. Suasana bertambah gayeng sembari diiringi alunan musik akustik.

Sambutan Narasumber

Di era millenial sekarang ini, melek teknologi sudah menjadi kebutuhan setiap personal mulai sekedar baca berita maupun berbagi cerita yang bernilai positif. Ada semboyan siapapun yang menguasai media informasi, dialah yang jadi pemenang. Dengan terlibatnya 13 kepala desa, pemuda karang taruna, IPNU/IPPNU Montong, Suwoto berkeinginan website setiap desa bisa difungsikan dengan optimal. Melalui media desa itu, segala potensi akan menjadi sumber perekonomian warga.

“Saat ini mayoritas setiap orang memiliki android. Sering-seringlah membuka website, dan aksesnya informasi yang bermanfaat untuk Montong,” terang Camat Montong, Suwoto.

Dalam kesempatannya, Sunarsip juga memaparkan hal senada. Melalui media sosial mulai Facebook, Twitter, Instagram, Line dan lain sebagainya, masyarakat memiliki peluang besar mendapatkan informasi apapun dan kapanpun.

“Mari kuatkan literasi supaya kita tidak miskin informasi atau pengetahuan,” sambungnya.

Lebih dari itu, ketua J-Club Tuban, Hadi Purwanto, juga hadir menyampaikan sepatah dua patah kata. Ketiga pembicara ini memiliki visi yang sama, memajukan kecamatan kelahiran Bupati Tuban, Fathul Huda melalui literasi.

Dalam kesempatan berbeda saudara Reyvan juga memaparkan untuk jamannya online dan menumbuhkan semangat literasi,  Sering-Sering di Kecamatan dibuat event acara Talkshow yang membahas literasi digital dengan mengandeng komunitas-komunitas yang bergelut dengan Literasi. Misalnya bisa mengandeng kami (Komunitas Blogger Tuban).

Foto Bersama

 

 

 

Sumber : suarabanyuurip.com

Diolah : Redaksi Website BTC Tuban

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

Satu tanggapan untuk “Meningkatkan Perekonomian Montong Melalui Inovasi Literasi Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *