Musik Tongklek Tuban, Sebuah Festival Tahunan di Bulan Ramadan

Bulan ramadan yang sudah hampir menuju hari kemenangan, yaitu idul fitri. Selama bulan ramadan dari tahun ke tahun kita tidak lah asing dengan musik tongklek yang dulu populer digunakan sebagai tradisi gugah sahur (membangunkan orang untuk waktunya sahur). Seiring kemajuan jaman dan pelestarian budaya khas tongklek ini menjadi ajang festival tahunan yang semarak, banyak Kelompok Musik Tongklek dari berbagai penjuru untuk hadir memeriahkan kegiatan yang diadakan dimasing-masing wilayah di Kabupaten Tuban, berdasarkan informasi Fanspage Facebook Paguyuban Seni Tongklek Tuban wilayah yang menyelenggarakan ajang festival kesenian tongklek ramadan tahun 2018 meliputi Jenu, Merakurak, Plumpang, Semanding, Rengel, Tuban Kota, Jatirogo, Soko, Grabagan, dan Bangilan. Bagi anda yang belum tahu tentang kesenian tongklek khas Tuban ini, sedikit dijelaskan tentang seni tongklek.

Apa yang dinamakan Musik Tongklek?

Musik Tongklek merupakan kesenian musik dari kentongan dari bambu yang dipukul dengan irama yang menghasilkan alunan suara yang unik, selain tongklek biasa juga diiring elektone, gong, kenong, gamelan, gambang, bass drum baik dari bahan tradisional maupun modern. Seni tongklek konon adalah salah satu tradisi peninggalan Wali Songo. Sebagian ahli sejarah mencatat, persebaran musik tongklek di Jawa ada sejak sekitar tahun 1972. Hanya, asalnya usulnya masih menjadi perdebatan. Kabupaten Tuban adalah salah satu kota yang masih melestarikan tradisi tongklek hingga sekarang.

Perkembangan Musik Tongklek Saat Ini

Dari tahun ke tahun, semakin banyak grup yang ikut dalam festival. Bahkan, tongklek sendiri menjelma menjadi kesenian yang menghibur. Seiring berjalannya waktu, peserta festival tongklek yang digelar IPNU semakin berkembang yang dulunya hanya sebatas perwakilan dari kecamatan sekarang menjadi peserta dari berbagai daerah. Berkembang jumlah peserta maupun kreasi pesertanya. Pakaian yang semula hanya ala kadarnya, mulai dibuat yang bagus. Bahkan, tak jarang juga memakai kostum yang aneh-aneh. Sehingga saat ini setiap penjuru daerah baik di Tuban dan kota lain mengadakan Festival serupa dengan julukan yang berbeda.

Festival Seni Musik Tongklek

 

Festival Tongklek Ramadan merupakan menjadi sebuah tradisi yang melekat dari tahun ke tahun di kota Tuban, tanpa musik tongklek seperti ramadan kurang meriah, karena festival ini tidak digelar disetiap kecamatan, hanya sebagian saja seperti  Jenu, Merakurak, Plumpang, Semanding, Rengel, Tuban Kota, Jatirogo, Soko, Grabagan, dan Bangilan. Festival ini yang identik dengan warna-warni hiasan 3 Dimensi menjadi ikon masing-masing kelompok, seperti yang dipertunjukan pada video diatas dari Redaksi Berita Trans7 Festival Tetabuhan atau Tongklek di Tuban, Ramadan tahun ini berjalan meriah. Warna-warni lampu hias memenuhi sepanjang jalanan protokol Tuban.

Tutur Bung Woto selaku Camat Montong yang saya kutip dari RNews yaitu “Saya sangat Mengapresiasi pelaksanaan festival tongklek se kabupaten tuban , karena ini merupakan wujud kecintaan terhadap budaya masyarakat kita yang harus di pertahankan dan dengan lagu lagu yg di kumandangkan menyebut nama Allah SWT dan Nabi Muhammad Saw ini merupakan siar agama islam yg sangat tepat di laksanakan pada bulan ramadhan bulan yg penuh berkah ini…  Harapan kami tahun depan di perbesar lagi mengingat banyaknya peserta yang di tolak karena kurangnya personil panitia pelaksana sampai kualahan”

Festival Seni Musik Tongklek di Kecamatan Rengel (Sumber Foto : Republik News)

Berbeda lagi untuk Festival yang ada di Rengel, dalam rangka melestarikan kebudayaan daerah khususnya musik pengantar sahur (tongklek) pada bulan penuh berkah ini di kecamatan Rengel kabupaten Tuban diadakan acara tahunan yaitu festival tongklek 2018 acara yang di kemas dengan cara berkeliling jalan di kota kecamatan sambil memainkan alat musik daerah semacam gong,kentongan dan lain lain.kemudian sambil membawa kereta dorong yang di hiasi dengan pernak pernik lampu yang indah.

 

 

 

 

 


Referensi :

  1. http://republiknews.id/festival-tongklek-di-kecamatan-montong/
  2. http://www.lenterakata.com/seni-dan-budaya/tongklek-seni-rakyat-yang-bermertamorfosis/
  3. https://www.youtube.com/watch?v=_tFvov5jwfI

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *