Ulang Tahun Ke-10 Sekar Budoyo, Gelar Aksi Pentas Seni Jaranan

Aksi Seni Jaranan Sekar Budoyo Montongsekar – Paguyuban kesenian Jaranan sekar Budoyo merupakan sebuah group seni jaranan tradisional yang ada di Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kesenian jaranan ini masih di lestarikan sampai sekarang serta sering tampil memeriahkan berbagai acara yang di gelar di wilayah montong dan sekitarnya. Camat montong bapak Suwoto beserta jajaran forkopimka kecamtan menghadiri acara ulang tahun jaranan sekar budoyo yang ke-10 dan di dampingi pemerintah desa montong sekar semoga kedatangan beliau bisa memberikan motivasi dan penyemangat untuk lebih berkarya dalam memajukan suatu tradisi jaranan. Pada hari sabtu tanggal 28 juli 2018 berjalan dengan lancar dan aman.

Apa Itu Kesenian Jaranan Sekar Budoyo

Kesenian Jaranan Sekar Budoyo khas jawa timuran ini setiap kali pementasan  memperlihatkan berbagi karakter tokoh dalam pergelarannya salah satunya Gambuh (pawang), Jathilan, Singo Barongan, Bujang Ganong, dari nama-nama di atas ini memiliki peran masing-masing dalam  dalam pertunjukan. Sebelum acara di mulai nampak berbagi sesajian dipersiapkan sehingga suasana mistis dan mangis sangat terasa di dekat area sampai acara selesai.

Pertunjukan Seni Jaranan, 28 Juli 2018 (Foto FB : Ainur X-Friends)

Siapa Saja Karakter Kesenian Jaranan

Kesenian Jaranan Sekar Budoyo khas jawa timuran ini setiap kali pementasan  memperlihatkan berbagi karakter tokoh seperti di bawah ini.

  • Gambuh (sang pawang) adalah yang mengatur dalam permainan dan membaca mantra atau berdoa kepada sang pencipta agar di beri keselamatan baik pemain maupun para penonton tak lain supaya acara hiburan untuk masyarakat berjalan lancar dan aman sampai acara selesai. Berikut di bawah ini karakter tokoh di Kesenian Jaranan.
  • Jathilan (penari jaranan) adalah prajurit berkuda dan merupakan salah satu tokoh. Jathilan merupakan  tarian yang menggambarkan prajurit berkuda yang sedang berlatih di atas kuda berpasangan dari satu penari dengan penari lainya menunjukan ketangkasan dan kepiawaian nya dalam berperang. Di bawakan seorang penari dengan menaiki kuda kepang terbuat dari anyaman bambu dengan gerakannya yang luwes.
  • Bujang Ganong (Ganongan) atau patih Pujangga Anom salah satu tokoh kocak dan enerjik sekaligus memilki keahlian dalam seni bela diri sehingga disetiap penampilannya selalu di tunggu-tunggu oleh penonton. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti.
  • Singo Barong dalam seni jaranan adalah sosok yang penampilannya digambarkan dalam berbagai bentuk samaran seperti binatang  yang paling terkenal dan dipuja dari semuanya, berupa makhluk berkaki empat atau berkaki dua dan berkepala kepala singa.

Letak Paguyuban Kesenian Jaranan Sekar Budoyo

Kesenian Jaranan Sekar Budoyo sendiri sanggarnya terletak di sendang kalangan Desa Montong Sekar. Pertunjukan tari jaranan dapat di pentaskan dalam acara pernikahan, khitanan, ulang tahun, karnaval, pentas seni, acara komunitas, hari besar nasional, dan lain-lain. Bagi anda yang ingin melihat kesenian Jaranan di hajatan yang anda gelar bisa menghubungi Bopo Sutadji di nomer Whatsapp (Wa) 085 230 850047 alamat Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

FORKOPIMKA bersama Crew Sekar Budoyo

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *