Workshop cara menulis artikel yang baik dan teknik pengambilan foto yang ciamik

Judulnya workshop yang digagas oleh Rumah Kreatif Wangun di gedung Diknas tadi pagi memang panjang. Disini saya bahas tentang menulis saja. Kalau dibahas semua bakal panjang, mending ditaruh di blog. Tapi kalau nggak sempat nulis kan sayang…

Workshop menulis disampaikan oleh bapak Sunarsip, (penulis tetap harian Republika dan media lain, dosen STAN, analis ekonomi)

Bapak Sunarsip memiliki filosofi writing is always – menulis harus menjadi motivasi. Sejak tulisannya dimuat di media, beliau berkomitmen – menulis akan menjadi mesin bagi industri saya di masa depan. Menulis adalah menyampaikan ide dan gagasan kita agar dipahami orang lain.

Ketika ada ide sebaiknya ditulis di note, agar tidak berserakan atau bahkan lupa. Nah begitu ada waktu segera saja ditulis.

Menulis di media dan jurnal berbeda. Tulisan essay di media harus to the point, semua ide harus tertuang langsung. Tidak perlu terlalu pada kaidah penulisan yang kaku. Tujuannya agar menarik dan cepat dibaca.

Anggota Komunitas Blogger Tuban

Pokok-pokok dalam menulis essay opini:
Harus aktual (yang sedang hits hari ini), sederhana (meminimalkan bahasa/istilah asing, jangan memakai bahasa gaul, mudah dipahami, sesuai dengan puebi) dan logis. Panjang tulisan harus sesuai dengan ketentuan media. Kalau tulisan terlalu panjang, pasti akan diedit/dipotong editor. Padahal belum tentu editor tahu bahwa kalimat dipotong itu ide pokok atau bukan.

Dalam menulis hindari plagiarisme. Karena begitu ketahuan, pasti media-media lain akan memblock naskah. Sehingga kita tidak dipercaya lagi.

Menulis sebaiknya menggunakan kalimat aktif. Kalimat pasif digunakan kalau terpaksa. Hindari kalimat majemuk. Sebaiknya memakai kalimat tunggal.

Workshop cara menulis artikel yang baik dan teknik pengambilan foto yang ciamik

Ditulis Oleh : Nur Rochma (www.nurrochma.com) – Di Publish Oleh : Admin Blogger Tuban

Andhika Nur Afian

Blogger dan Programmer di Perahu Layar Kertas Web Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *